15 April 2013


MTsN 2 Bukittinggi Menuju Madrasah ADIWIYATA 

Beberapa hari belakangan seluruh civitas akademika MTsN 2 Kota Bukittinggi sedang melakukan persiapan yang sangat serius untuk menyiapkan diri menuju Madrasah Adiwiyata, hal ini merupakan dambaan seluruh warga madrasah, tujuan utamanya adalah bagaimana menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan dan menjadi tempat yang menyenangkan untuk proses belajar mengajar sebagai bentuk transfer knowledge bagi seluruh siswa, melalui program Madrasah Adiwiyata diharapkan pencapaian target kurikulum semakin mudah.

Kepala MTsN 2 Bukittinggi, Drs. Irsyad, M.Pd, menyambut kegiatan ini dengan sangat antusias, bahkan kepala MTsN 2 ini secara aktif dan sukarela berbaur dengan sesama warga sekolah seperti Guru, Siswa, Pengawai Tata Usaha, Komite, dan Warga sekitar, bahu membahu mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan pelaksanaan penilaian Madrasah Adiwiyata tersebut, kepada tim Adiwiyata kepala MTsN 2 berpesan agar saling mendukung dalam kegiatan ini, “Kita harus punya komitmen yang dibuktikan dengan kerja keras agar semua program Madrasah dapat tercapai dengan baik, termasuk program Adiwiyata ini” ujar Drs. Irsyad, M.Pd, kepada Tim reportase Madarasah Tsanawiyah 2 disela-sela Gotong Royong yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.
Saat ini, proses persiapan penilaian dengan segala kelengkapan yang dibutuhkan telah dipersiapkan dengan baik, seperti kelengkapan dokumen Self Assesment yang menjadi titik tolak pelaksanaan Adiwiyata telah dipersiapkan sedemikian rupa, disamping diokumen self assesment, MTsN 2 juga telah memiliki beberapa program pendukung seperti pengelolaan sampah dengan baik, green house, penghematan energi dan air, hutan mini, kebun sekolah, kolam, bioporii, pengelolaan pupuk kompos, dll, Insyallah secara umum kita telah siap melaksanakan kegiatan adiwiyata ini ujar penanggung jawab Adiwiyata MTsN 2 Bukittinggi yaitu Maisal, S.Pd yang juga menjabat sebagai wakil kepala bidang kesiswaan MTsN 2 Bukittinggi.
Tidak hanya tim adiwiyata yang punya semangat, tapi juga para guru, siswa, pegawai tata usaha, Fristia Yuan Ningsih salah seoaran siswa menyatakan bahwa, kami siap seratus persen mendukung terciptanya madrasah yang berwawasan lingkungan, kami siap membantu dan memberikan segala yang mungkin kami berikan, demi terwujudnya kenyaman dan ke indahan di MTsN 2 ini, ujarnya disela-sela kesibukannya menyiapkan program pengoperasian bank sampah “An-Nazhaafah” yang kebetulan sepenuhnya diserahkan kepada para siswa dalam manajemen dan pelaksanaannya.

Diakhir perbincangan, kepala MTsN 2 Drs. Irsyad, M.Pd mengatakan bahwa MTsN 2 akan terus bermetamorfosis menjadi madrasah  dengan standar kualitas yang semakin meningkat, kita tekadkan bahwa MTsN 2 akan menjadi salah satu madrasah/sekolah terpavorite di Kota Bukittinggi atau bahkan untuk provinsi Sumatera Barat beberapa tahun kedepan, sudah banyak faktor pendukung yang kita lakukan untuk mencapai target itu, disamping pelaksanaan sekolah berwawasan lingkungan, kita juga telah menyusun program pengelolaan sekolah yang memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas untuk setiap lini dan  kegiatan di sekolah, ujarnya menutup perbincangan dengan tim reportase. (w.i.n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please....Jangan Mengirim Spam!